Memilih Oli Mesin Motor Terbaik

05 January 2010


Kualitas oli diukur dari kebutuhan mesin motor yang anda gunakan, spesifikasi mesin tertentu membutuhkan pelumasan oli yang berbeda. Seperti yang pernah saya jelaskan mengenai oli skuter matik pada posting terdahulu, setiap motor memiliki jenis oli tersendiri.
Ada baiknya anda fahami dan ketahui jenis mesin motor anda sebelum memutuskan untuk mengganti oli dengan merek dan jenis oli tertentu. Terbukalah untuk menerima masukan dari bengkel yang mengerti betul kualitas dan jenis oli untuk motor anda. Mengganti-ganti merek oli mesin motor boleh saja, jangan terjebak oleh rayuan iklan atau fanatisme merek yang tidak beralasan. Kenali jenis mesin dan jenis oli mesin yang anda butuhkan. Sangat banyak pilihan oli mesin yang tersedia di pasaran sekarang ini.


Trus pertanyaannya adalah bagaimana mengetahui oli mesin yang cocok untuk motor anda. Berikut beberapa factor yang harus diperhatikan untuk memilih mesin berdasarkan kebutuhan mesin sepeda motor. Salah satu faktor paling panting adalah tingkat kekentalan oli.

Jangan sembarangan menggunakan oli tanpa memeperhatikan factor kekentalan. hal ini berpengaruh dan berkaitan pada ketebalan oli dan resistensinya untuk mengalir.di ruang mesin. Kekentalan oli juga berfungsi melindungi gesekan antar permukaan logam.

Ada patokan paling mudah untuk menentukan tingkat kekentalan oli yang cocok untuk sepeda motor anda. Jika sepeda motor sudah berumur di atas 5 tahun pasti semua komponen suku cadang yang ada di dalam ruang mesin sudah mengalami pergesekan yang cukup lama, bisa dibayangkan telah terjadi beberapa perubahan pada komponen-komponen di dalamnya. Hampir semua suku cadang sudah berubah dan tidak presisi lagi. Dengan kondisi motor seperti ini seharusnya anda jangan pernah memaksakan memakai motor dengan tingkat kekentalan yang rendah alias encer. Oli yang encer akan meningkatkan gesekan dan menambah perubahan signifikan pada beberapa bentuk komponen di ruang mesin motor yang telah aus.

Oli harus mengalir ke seluruh ruang mesin, semakin kental oli maka lapisan yang ditimbulkan menjadi lebih tebal dan akan memberi resitensi berlebih. Oli kental tidaklah cocok untuk motor baru karena akan berpengaruh pada kualitas gerakan pada mesin motor.

Kekentalan oli diukur tersendiri oleh Society of Automotive Engineers (SAE). Bila pada kemasan oli tersebut tertera angka SAE 5W-30 berarti 5W (Winter) menunjukkan pada suhu dingin oli bekerja pada kekentalan 5 dan pada suhu terpanas akan bekerja pada kekentalan 30.

Oli yang cepat panas pada suhu rendah berarti memiliki kekentalan rendah. Jika anada melihat SAE yang lebih rendah berarti kekentalannya rendah. Mungkin inilah cara paling mudah untuk mengenali oli yang cocok untuk anda. Merek oli motor bukan menjadi patokan.

Coba anda perhatikan, hampir semua merek motor mengeluarkan oli dengan SAE yang bervariasi, artinya anda dapat menggunkan berbagai macam merek. Mau oli buatan local atau oli yangh dibuat oleh produsen luar.

Jika nasionalisme menjadi dasar patokan anda membeli oli mungkin oli buatan Pertamina pilihannya:-). Namun jika pilihannya kualitas, oli Pertamina memiliki banyak pesaing yang menawarkan pilhan oli lainnya. Tapi bukan berarti oli local lebih jelek..Ingat merek tidak menjadi patokan tapi kenali jenis oli berdasarkan keterangan yang ada pada bungkus oli tersebut.

0 komentar:

Powered By Blogger