Oli Motor Matik Berbeda Dengan Oli Motor Lainnya

31 October 2009


Kalau dilihat selintas emang tidak ada bedanya antara oli mesin khusus motor skuter matik dengan oli motor biasa. Nahkan mungkin beberapa diantara kita sedikit curiga dengan trik pemasaran produsen oli yang melabeli olinya dengan oli khusus skuter matik karena emang pasar motor di kelas ini sekarang sedang booming. 


Karakteristik mesin 4 tak pada motor skuter matik memeang berbeda dengan motor 4 tak lainnya. Pada mesin 4 tak motor non skuter matik, oli mesin melumasi semua bagian mesin, girboks dan kopling, Atau sering kita kenal dengan istilah mesin kopling basah. Sementara pada motor skuter matik antar mesin dan pemindahan tenaga (girboks) itu terpisah, atau dikenal dengan istilah kopling kering.

Karena kerja mesin motor skuter matik membutuhkan kerja rpm (putaran mesin) yang tinggi maka dibutuhkan oli yang lebih encer namun tetap mampu mendinginkan suhu mesin. Karena kebanyakan mesin skuter matik masih mengandalkan pendingin mesin udara saja. Kecuali motor Honda Vario yang pakai radiator. Oleh karena itu tipikal oli mesin motor skuter matik sama dengan oli mobil.

Di pasaran sekarang telah tersedia banyak oli khusus skuter matik: TOP 1 Action Matik, Castrol Matik, Yamalube Matic, Federal Flick, AHM MPX 2, Pertamina Enduro Matic. Bisda juga digunakan oli mesin mobil pada motor skuter matik kalian.

0 komentar: