Beda ban Tube Type dan Tubeless

01 November 2009

Mungkin banyak orang yang belum mengulas mengenai perbedaan antara ban tipe standar yang menggunakan ban dalam (Tube Type) dengan ban yang tidak menggunakan ban dalam (Tubeless). Akhir-akhir ini tidak hanya ban mobil saja yang menerapkan ban Tubeless  ban motor pun sudah diramaikan dengan produksi ban untuk tipe ini. Sekarang hampir semua pabrikan ban memproduksi ban Tubeless untuk sepeda motor.

Sebagai contok untuk mngulas artikel ini saya ingin memberikan sample ban CORSA. Kebetulan di bengkel saya ada potongan contoh kompon ban kedua ti[e tersebut yang diberikan oleh produsen ban CORSA.

Dalam gambar di atas diambil sample ban CORSA Tube Type SS09 ukuran 70/90-14 M/C 38P dan ban tipe Tubeless CORSA SS09 70/90-14 M/C 34P.

Ban CORSA Tube Type SS09 ukuran 70/90-14 M/C 38P memiliki ketebalan 7mm adapun CORSA SS09 70/90-14 M/C 34P memiliki tebal 8mm atau selisih 1mm.  


Dari sisi tebal jelas ban Tubeless mempunyai tingkat ketebalan lebih. oleh karena itu ban tipe ini tidak lagi memerlukan ban dalam dan kompn serta tingkat kekerasan bannya pun lebih dibandingkan ban yang menggunakan bandalam (tube Type).

Lihatlah gambar kedua dimana ban sebelah kiri adalah ban Tubeless dan kanan ban Tube Type. Ban Tubeless cenderung lebih kaku dan tidak lentur, ini dimungkinkan agar bentuk ban tidak mudah berubah agar angin yang ditekan pada roda ban tidak mudah keluar

Yang harus diperhatikan dari ban Tubeless adalah tekanan angin pada roda ban. Biasanya produsen ban telah menuliskan ukuran standar tekanan angin  pada pada ban Tubeless. Untuk ban   Tubeless CORSA SS09 70/90-14 M/C 34P yaitu sebesar 36 Psi. Karena jika kurang, gigitan ban pada roda ban tidak akan maksimal dan dapat memudahkan tekanan angin keluar pada sela roda antara ban dan velg.

Ban Tubeless biasanya hanya dapat dipasang pada velg racing., karena velg racing memiliki ukuran yang telah distandarkan untuk penggunaan ban tipe Tubeless





0 komentar: