Bengkel Spesialis

03 January 2010


Buat yang ingin membuka usaha bengkel ada baiknya memikirkan pilihan untuk membuka usaha bengkel Spesialis. Untuk beberapa orang, pilihan ini mungkin agak sedikit aneh karena bengkel spesialis sama saja dengan menutup peluang pasar untuk menerima perbaikan banyak motor. Sebagai contoh misalnya anda membuka bengkel khusus Honda Tiger. Dengan membuka bengkel khusus motor Honda Tiger berarti anda menolak motor lain yang akan diperbaiki di bengkel anda. Ini sama saja menutup pemasukan dari motor lain!!


KELEBIHAN
1. Modal
Ya, modal alias duit.   Ini yang paling penting. Jika anda memiliki alokasi dana sebesar 50 juta untuk pengadaan suku cadang dalam modal usaha untuk membangun bengkel pastilah tidak cukup. Bayangkan, berapa banyak item suku cadang motor  yang harus anda sediakan. Untuk satu merek motor saja seperti Honda misalnya 50 juta belom cukup lengkap apalagi untuk pengadaan semua merek motor.
Kalau saja yang anda bangun adalah bengkel khusus skuter matik misalnya , dengan 50 juta, bengkel anda akan mempunyai sejumlah sparepart yang cukup untuk menyediakan beberapa item suku cadang penting khususnya fast moving item. Dengan begitu bengkel anda bisa menjadi rujukan setiap orang untuk membeli suku cadang skuter matik dan memperbaik kerusakan motor jenis tersebut. 

2. Brand Image
ini yang tidak kalah pentingnya. Menjadikan bengkel anda sebagai bengkel rujukan untuk siapa sajayang ingin mencari sparepart atau memperbaiki motor skuter matiknya pasti direkomendasikan siapa saja yang mengenal bengkel anda untuk datang ke tempat anda.
Dengan sistem bengkel spesialis anda sangat mudah untuk membangun brand image dibanding bengkel umum biasa yang mengerjakan semua motor.

3. Kepercayaan Pelanggan
Setiap hari pasti anda akan disibukkan dengan memperbaiki jenis motor yang sama, secara tidak langsung keahlian tim mekanik di bengkel anda akan terasah dengan study kasus berbagai macam perbaikan motor yang serupa. Hal ini bisa menambah kepercayaan pelanggan kalau tim mekanik di bengkel anda mahir dalam memperbaiki skuter matik atau motor lain yang menjadi pilihan spesialisasi anda.

KEKURANGAN
1. Tidaka Percaya Diri
Pada tahap awal pasti anda akan kaku atau ragu untuk menolak motor yang tidak anda kerjakan. Bahkan mungkin saja anda akan berfikir untuk membuka bengkel umum saja karena sedikitnya pelanggan yang datang atau anda tidak kuasa menolak motor yang anda khususkan. Menurut saya pada tahap awal boleh saja anda menerima peraikan motor non skuter matk (kalau saja anda spesialis skuter matik), tapi ingat jangan membeli suku cadang motor lain sebagai stok di bengkel anda. Setiap pelanggan yang datang dan menanyakan suku cadang lain inilah saatnya anda promosi dengan menyebutkan kalau bengkel ini hanya menyediakan suku cadang skuter matik.

2. Hanya BIsa Dibuka di Kota Besar
menurut saya, bengkel motor spesialis hanya bisa dibuka di kota-kota besar seperti halnya Jakarata, Bandung, Surabaya, Semarang atau kota lainnya yang memiliki populasi motor cukup banyak. Karena bagaimanapun juga, anda akan mengambil pangsa pasar terbatas dari populasi motor yang ada di sekitar lokasi begkel anda. Kalau bengkel di kampung-kampung atau di kota kecil pasti bengkel anda hanya akan dihinggapi oleh sedikit motor saja karena dengan membuka bengkel umum saja jumlah motor yang ada populasinya tidak terlalu banyak apalagi membuat bengkel khusus atau spesialis

0 komentar: