Internet Gratis dengan Srapbook

11 November 2009

Sebetulnya tidak 100% gratis hanya saja kamu dapat menyimpan 1 (satu) situs web lengkap dengan link-linknya ke komputer. Sehingga nantinya kalau akan buka lagi situs favorit tersebut, tidak perlu lagi terhubung dengan internet. Enak kan???

Aplikasi ini mungkin cocok untuk pemilik laptop. Setelah semuanya tersimpan di laptop. Tanpa harus terhububng ke internet, semua data yang ada pada situs favorit dapat dibuka di mana saja dan kapan saja.


Gunakankanlah aplikasi browsing Mozila Fire Fox. Lihatlah toolbar di atas. Gunakan toolbar ScrapBook lalu pilih Capture Page As

Lalu klik Capture Page As. Kemudian tentukan nama (Title) website sesuai keinginan, pilih target folder, atur apakah semua file Image, Sound, Movie, Archive atau Custome (jenis file lainnya) yang terdapat di situs tersebut akan diambil juga atau tidak. Karena setingan ini mempengaruhi besar kecil file yang didownload yang otomatis pengaruh pada lama tidaknya proses.
Jika pilihan sudah ditentukan. Klik Capture!!! Ingat pada bagian bawah kotak dialog Scrapbook - Capture Detail. Kamu diminta menentukan kedalaman jumlah root file dari sebuah situs. Sekali lagi... ini mempengaruhi besaran jumlah file yang didownload dan lamanya waktu.

Setelah tombol Capture diklik maka muncul kotak dialog Capture - ScrapbookScrapbook akan menandai dengan tanda centang berwarna hijau, jika file yang dimaksud sudah didownload ke komputer kamu. Atau cukup klik Abort untuk batal.

Jika prosesnya sudah selesai, coba test dengan klik Toolbar Scrapbook pada Firefox. Perhatikan pada gambar di bawah. Saya telah membuat satu situs Catatan Si Ekmal tersimpan di komputer saya


Jika di klik, maka link-nya bukan ke internet melainkan ke hardisk.

Perhatikan gambar di bawah berikut! Jika kamu melakukan Bookmark, maka semua link yang tersedia tertuju ke alamat URL internet, sedangkan dengan Scrapbook link-nya ke hardisk komputer karena. Pada gambar ini diperlihatkan kursor berada di atas tombool Entri Baru pada halaman situs Catatan Si Ekmal. Jika normalnya kita membuka melalui jaringan internet atau kita hanya mem'bookmark' satu halam ini saja maka alamat tujuan link pasti URL internet. Sedangkan dengan Scrapbook, link tertuju adalah hardisk. Kalau jaringannya yang dituju internet maka halaman link tujuan seharusnya http://www.blogger.com/post-create.g?blogID=........ sedangkan dengan Scrapbook adalah file:///C:/Documents and Settings/Ekmal/........

Coba lihat gambar lanjutannya hasil klik tersebut. Lihatlah alamat URL di atas adalah file:///C:/Documents and Settings/Ekmal/........
Mulai sekarang kalau kamu membawa laptop lalu nongkrong di cafe dan mall atau ketika berada dikantor, gunakanlah Scrapbook. Waktu kamu untuk kerja atau nongkrong dengan teman pun tidak terbuang. Setelah sampai di rumah atau di tempat yang tidak ada jaringan internetya. Kamu tinggal buka situs yang sudah kamu simpan dengan Scrapbook.

Mungkin sebagian pembaca blog ada yang bingung tentang ScrapBook ini. Karena di Firefoxnya ternyata belum ada toolbar ScrapBook. Kliklah semua tulisan Scrapbook di posting ini karena sudah terhubung ke alamat download Scrapbook di Mozilla.

selamat mencoba...

0 komentar: