Bridgestone Mundur dari MOTOGP ?

09 November 2009

Ban bridgestone akhirnya resmi memutuskan untuk mundur sebagai pemasok ban untuk tim-tim jet darat Formula 1 pada akhir tahun depan. Berita ini sempat dikhawatirkan juga oleh penggemar arena motor balap MOTOGP.

Regulasi FIM (Federation Internationale Motocycliste) yang memberlakukan ban motor balap di kelas MotoGP di tahun ini memang
membuat pembalap tidak punya alasan lagi untuk berkilah dari kekalahan dan mengkambinghitamkan ban. Tahun ini Michelin tidak algi terlibat dalam memasok ban untuk motogp. Brigestone-lah pemegang hak suplai ban pada motogp. Jika ternyata kontrak yang telah dibuat sampai akhir tahun 2011 dihentikan juga oleh Bridgestone pada MotoGp, habislah sudah riwayat motogp. Tahun lalu Rossi berinisiatif menggunakan ban bridgestone walaupun teman satu tim lainnya masih menggunakan Michelin, karena dianggap kurang kompetitif.

Dalam pernyataan kepada publik, Bridgestone mengaku bahwa mundurnya mereka dari F1 adalah akibat dari evolusi yang terjadi di lingkungan bisnis dalam krisis global ekonomi.

Walau dipastikan takkan berpartisipasi di F1, produsen ban asal Jepang itu mengaku masih akan meneruskan komitmennya di MotoGP di mana Bridgestone masih terikat kontrak sampai penghujung musim 2011.

Isu mundurnya Bridgestone sebenarnya sudah mencuat lama. Pabrikan ban asal Japang itu hanya membeberkan keputusan untuk tidak memperbarui kontrak dengan badan pengelola F1 diambil setelah para petinggi perusahaan melakukan evaluasi. Keputusan ini dibuat oleh para petinggi perusahaan dengan mempertimbangkan dan mengevaluasi kebutuhan perusahaan.

Namun apakah setelah akhir 2011 bridgesotne juga akan mundur dari arena MOTOGP? Kita tunggu saja

0 komentar: