Perbandingan kecepatan download internet CDMA SMART dan TELKOM Flexi di Tasikmalaya

08 November 2009


Anda pasti penasaran... mana yang lebih cepat Telkom Flexi atau SMART dalam koneksi internet dengan modem handphone CDMA berikut sedikit cerita mengenai pengalaman saya dalam menggunakan dua operator CDMA tersebut.

Sudah beberapa bulan ini saya menggunakan handphone Nokia CDMA 2865 sebagai modem. Kartu operator telpon yang saya gunakan sejak tinggal di Jakarta adalah SMART, menurut iklan SMART kecepatan maksimal transfer download data SMART bisa mencapai hingga 128 kbps. Cukuplah buat update status facebook dan chatting sambil nungguin tempat usaha... hehehe


Namun entah karena pemakai kartu SMART sangat banyak atau karena jaringan SMART belum bagus, baik di Jakarta maupun di daerah (sekarang saya tinggal di Tasik) kecepatan downloadnya tidak pernah melewati 40 kbps.


Kemarin saya melihat iklan Telkom Flexi menawarkan paket unlimeited juga seperti SMART dengan biaya sama murahnya seperti SMART, yaitu Rp 50.000,- per bulan.


Setelah saya coba dengan menggunakan handphone yang sama sebagai modem seperti halnya juga SMART. Setelah di test kecepatannya melalui Situs Fren Mobile dan SpeedTest ternyata Telkom Flexi jauh lebih cepat dari SMART.


Coba lihat gambar print screen hasil test saya dibawah ini perbandingan test kecepatan antara SMART dan Telkom Flexi dengan menggunakan Nokia CDMA 2865

 Hasil test dengan Telkom Flexi




Hasil test dengan SMART



0 komentar:

Powered By Blogger