Beberapa Alasan Motor Tidak Bisa / Susah Starter

18 January 2010

Menjengkelkan sekaqli bila memiliki motor yang tidak bisa atau susah distarter elektrik. Apalagi bila anda terburu-buru hendak bepergian. Banyak faktor kenapa motor memiliki kendala begitu. Beberapa pengecekan harus dilakukan sebelum anda pergi ke bengkel motor

1. Bahan Bakar
- Apakah tangki bensin terisi?
Lucu kan kalo sampe bensin kosong tapi anda dorong motor ke bengkel untuk doperiksa mekanik. Pastikan dulu apa ada isinya di tangki bensin.  

- Apakah slang antara tangki dan karburator mampet?
Ini biasa terjadi apalagi kalu motor anda sudah berumur. Faktor mampet bisa terjadi karena kualitas bensin yang jelek sehingga menyisakan kotoran di tangki dan saluran slang ke karburator. periksa juga apakah saringan pensin yang berada ditengah selang mampet atau tidak. Oleh karena itu biasakanlah melakukan servis berkala.
Faktor mampet juga bisa terjadikarena ada resapan air yang masuk ke tangki.
- Apakah lubang pernapasan mampet?
Bensin terbakar karena percikan api dan udara yang cukup. Jika filter udara tidak lancar karena lama tidak dibersihkan maka pembakaran jadi susah.

 2. Pengapian
- Apakah busi masih bekerja baik?
Busi yang baik memiliki percikan api yang lurus. Jika percikan api di busi sudah liar seperti gerakan petir segeralah ganti. Jangan menunggu sampai busi mengeluarkan percikan kecil saja atau sama sekali tak mengeluarkan api.
Pengapian jelek juga bisa akibat dari CDI, koil, pulser koil atau aki yang lemah.
Kunci kontak yang rusak bisa juga menjadi salah satu faktor penyebab

3. Kompresi Silinder
Jika anda  melakukan servis berkala, pastikan si mekanik apakah melakukan penyetelan katup atau tidak dan melakukan pengetesan kompresi. Pengetesan kompresi biasanya dilakukan mekanik dengan menahan lubang busi dan melakukan starter manual. Jika kompresi bagus terdengar seperti suara ledakan kecil.
Kompresi tidak bagus terjadi akibat renggang katup yang tidak tepat, dudukan katup yang salah, katup macetatau setelan klep yang tidak benar.

4. Salah Setel Karbu
Mungkinkah seorang mekanik melakukannya? Bisa saja, tapi sangat jarang karena setiap mekanik pasti melakukan test elektrik starter ketika melakukan servis. Tapi kalau kondisi ini terjadi setelah beberapa kilometer pemakaian atau beberapa lama tidak diservis berarti bukan kesalahan mekanik. Karena getaran pada motor bisa merubah posisi setel karburator.

1 komentar:

Wildan said...

nice post bro...
sy sdh masang link di blog sy. Link balik ya! Ditunggu kabarnya.