Chat di Facebook dengan Instant Messenger PIDGIN

22 November 2009

Bookmark and Share
Ketenaran Facebook memang sudah tidak diragukan lagi bahkan di Indonesia popularitasnya sudah bisa menyaingi Google. Sekarang hampir semua orang berinteraksi lewat jejaring sosial ini. Dengan Facebook kita juga bisa melakukan chat online dengan teman di Facebook. Namun untuk koneksi internet yang lambat membuka situs facebook agak berat. Nah... jika hanya ingin melakukan chat dengan teman di Facebook gunakan saja software menarik Pidgin yang bisa anda gunakan sebagai media chat seperti halnya pada fasilitas chat di Yahoo Messenger. Dengan Pidgin Anda tidak perlu masuk ke situs Facebook untuk sekedar chatting.


Silahkan download software Pidgin di sini, filenya berukurn 13,8 Mb. Sewaktu 'sedot' software ini,  saya mengalami hambatan lambatnya proses download. Jika Anda merasakan prosesnya lambat juga, pilihlah lokasi server yang akan digunakan, karena software Pidgin tersimpan dibanyak server. Ulangi lagi proses download lalu pilih server dengan mengklik try another mirror lalu pilih lokasi server!

Saya pun akhirnya mengganti lokasi server yang digunakan ke server (Japan, JP)


Jika proses download selesai install segera. Anda akan melihat bentuk jendela tampilan chat layaknya media Instant Messenger lain. Namun default di Pidgin tidak terdapat fasilitas chat Facebook. Caranya tinggal klik pilih toolbar Accounts lalu klik Manage Accounts lalu Add. Maka akan tampak bahwa Facebook belum tercantum dalam fasilitas chat Pidgin.


Untuk itu anda perlu menambahkan plugin tambahan agar chat facebook bisa ditambahkan di PidGIt.
  1. Download Plugin Pidgin di halaman ini lalu pilihlah pidgin-facebookchat-16.9.exe lalu download dan install!! Jika proses ini sudah dijalankan coba buka kembali Pidgin lalu lakukan proses yang sama. Jika belum juga berhasil juga, ikuti cara kedua 
  2. Download Plugin libfacebook-1.63.dll lalu copy dan paste-kan kan file tersebut di folder C:\Program Files\Pidgin\plugins.

Coba tutup Pidgin dan buka kembali serta lakukan proses yag tadi. maka akan tampakfacebook ada di daftar pilihan chat.



Klik ikon facebook dan masukan user name dan password login facebook seperti halnya anda memulai membuka akun facebook. Berikutya anda akan melihat jendela Pidgin seoerti dibawah ini yang hamopir sama dengan Yahoo Messenger.

Sekarang anda tidak perlu masuk ke halaman situs facebook lagi jika hanya ingin chat dengan teman yang sudah terdaftar di Facebook. Selamat mencoba

0 komentar: