Sejarah Kawasaki
15 November 2009
Kawasaki berdiri pada tahum 1949. Saat itu sudah memproduksi mesin yang dapat diadaptasi untuk sepeda motor, namun perakitan sepeda motor secara utuh baru dimulai tahun 1954. Secara historis, perusahaan ini banyak terlibat dalam industri berat, termasuk pembuatan pesawat terbang, kapal laut dan kereta api.
Motor pertama yang dibuat menggunakan 2 tak 60cc dan 150cc serta 4 tak 250cc. Masing-masing produk dikembangkan menggunakan teknologi Jerman. Kawasaki dan BMW telah memiliki hubungan dekat sebagai perakit pesawat terbang. Meihatsu, sebuah anak perusahaan dari Kawasaki Aircraft Company, memberikan nama untuk melengkapi sepeda motor pertama yang diproduksi oleh perusahaan.
Pada tahun 1960, perusahaan menandatangani kesepakatan dengan perusahaan sepeda motor tertua di Jepang, Meguro Motorcycles, namun karena kegagalan di beberapa sektor akhirnya Meguro Mootorcycle hancur pada tahun 1962. Dan kini nama tersebut menghilang.
Setelah pada awalnya diproduksi mesin bertenaga rendah, Kawasaki, menggunakan pengetahuan yang diperoleh dari Meguro, mengalihkan perhatian mereka terhadap sepeda lebih besar, dan pada tahun 1966 menghasilkan W1, sebuah mesin 650cc yang lebih berat dan lebih lambat dari para pesaingnya, sehingga menikmati kesuksesan yang terbatas. Versi ringan dikembangkan dalam bentuk Samurai 250cc dan A7 Avenger 350cc, tapi sekali lagi, mesin ini tidak menangkap imajinasi publik.
Pada 1969, Kawasaki mulai menunjukan hasilnya, mesin 500cc H1 mulai diterima di pasaran karena memiliki kualitas yang baik dengan kinerja mesin yang tinggi. Versi yang lebih kecil pun dibuat, 250cc dan 350cc S1's. Pada tahun 1972 keluar juga mesin 748cc sampai pertengahan tahun 70-an ketika undang-undang emisi membatasi spesifikasi mesin.
Pengenalan Z1 pada tahun 1973, terbukti menjadi tonggak untuk Kawasaki. Mula-mula dimaksudkan untuk memiliki motor dengan silinder 750cc dan pada akhirnya Kawasali memastikan produksinya bersilinder 903cc, yaitu Kawasaki Z900. Produk ini merupakan reaksi atas munculnya HOnda CB750 yang laku dipasaran.
Tahun 1984 muncul untuk pertama kalinya Kawasaki Cruiser dan Vulcan 750, setahun kemudian keluar Eliminator 900cc yang menggunakan mesin GPz900r. Pada tahun itu pula keluar CS250, dengan teknologi pendingin air radiator, DOHC, silinder tunggal.
Selama era 90-an, produsen sepeda motor Jepang berada dalam kompetisi yang serius di sektor Superbike, dan Kawasaki ikut ambil bagian dalam dengan mengeluarkan ZZR-1100, sebuah sepeda motor yang tetap produksi sepeda tercepat untuk lima tahun. Pada tahun 2002, diganti oleh ZZR-1200, yang menawarkan penanganan lebih baik. Selain itu keluar pula mesin lebih ringan ZZR-600.
Tahun 2002 Ninja ZX-12R hadir dengan rangka aluminium monocoque, 16 katup segaris dengan mesin empat silinder.
Pada tahun 2003, ZX-6R dengan silinder 638cc, keluar sebagai perbaikan dari versi 1995. Desain ulang ini sukses besar dan pada era inilah Kawasaki berjaya.
* Diambil dari berbagai sumber
Motor pertama yang dibuat menggunakan 2 tak 60cc dan 150cc serta 4 tak 250cc. Masing-masing produk dikembangkan menggunakan teknologi Jerman. Kawasaki dan BMW telah memiliki hubungan dekat sebagai perakit pesawat terbang. Meihatsu, sebuah anak perusahaan dari Kawasaki Aircraft Company, memberikan nama untuk melengkapi sepeda motor pertama yang diproduksi oleh perusahaan.
Pada tahun 1960, perusahaan menandatangani kesepakatan dengan perusahaan sepeda motor tertua di Jepang, Meguro Motorcycles, namun karena kegagalan di beberapa sektor akhirnya Meguro Mootorcycle hancur pada tahun 1962. Dan kini nama tersebut menghilang.
Setelah pada awalnya diproduksi mesin bertenaga rendah, Kawasaki, menggunakan pengetahuan yang diperoleh dari Meguro, mengalihkan perhatian mereka terhadap sepeda lebih besar, dan pada tahun 1966 menghasilkan W1, sebuah mesin 650cc yang lebih berat dan lebih lambat dari para pesaingnya, sehingga menikmati kesuksesan yang terbatas. Versi ringan dikembangkan dalam bentuk Samurai 250cc dan A7 Avenger 350cc, tapi sekali lagi, mesin ini tidak menangkap imajinasi publik.
Pada 1969, Kawasaki mulai menunjukan hasilnya, mesin 500cc H1 mulai diterima di pasaran karena memiliki kualitas yang baik dengan kinerja mesin yang tinggi. Versi yang lebih kecil pun dibuat, 250cc dan 350cc S1's. Pada tahun 1972 keluar juga mesin 748cc sampai pertengahan tahun 70-an ketika undang-undang emisi membatasi spesifikasi mesin.
Pengenalan Z1 pada tahun 1973, terbukti menjadi tonggak untuk Kawasaki. Mula-mula dimaksudkan untuk memiliki motor dengan silinder 750cc dan pada akhirnya Kawasali memastikan produksinya bersilinder 903cc, yaitu Kawasaki Z900. Produk ini merupakan reaksi atas munculnya HOnda CB750 yang laku dipasaran.
Tahun 1984 muncul untuk pertama kalinya Kawasaki Cruiser dan Vulcan 750, setahun kemudian keluar Eliminator 900cc yang menggunakan mesin GPz900r. Pada tahun itu pula keluar CS250, dengan teknologi pendingin air radiator, DOHC, silinder tunggal.
Selama era 90-an, produsen sepeda motor Jepang berada dalam kompetisi yang serius di sektor Superbike, dan Kawasaki ikut ambil bagian dalam dengan mengeluarkan ZZR-1100, sebuah sepeda motor yang tetap produksi sepeda tercepat untuk lima tahun. Pada tahun 2002, diganti oleh ZZR-1200, yang menawarkan penanganan lebih baik. Selain itu keluar pula mesin lebih ringan ZZR-600.
Tahun 2002 Ninja ZX-12R hadir dengan rangka aluminium monocoque, 16 katup segaris dengan mesin empat silinder.
Pada tahun 2003, ZX-6R dengan silinder 638cc, keluar sebagai perbaikan dari versi 1995. Desain ulang ini sukses besar dan pada era inilah Kawasaki berjaya.
* Diambil dari berbagai sumber
0 komentar:
Post a Comment